Rabu, 11 Mei 2011

FLOW: sebuah posisi Mental

Catatan: FLOW yang dibicarakan disini bukanlah FLOW dalam arti MENGALIR, tapi FLOW dalam bahasa Psykologis, sebuah POSISI MENTAL
Banyak orang di .NET kurang menyukai pengunaan kata “flow”, karna itu mengingatkan mereka kepada UF, atau pamer, atau terselahlah. Saya setuju, kayaknya agak lucu ya. Tapi setelah melakukan sedikit penelitian, saya menemukan bahwa “flow” itu adahal bahasa science, yang di buat oleh Mihaly Scikszntmihalyi (nama apa nama!), seorang professor psychology menurut Csikszentmihalyi, flow adalah sebuah proces mental dimana seseorang akan sepenuhnya terbenam di apapun yang ia lakukan, di karakterkan oleh perasaan focus yang penuh energy, keterlibatan penuh, dan sukses di dalam proses aktivitas tersebut. Tidak terdengar asing bukan?
Karakteristik Fundamental dari Flow adalah berikut:
  1. Sepenuhnya terlibat, fokus, berkosentrasi – hadir dikarnakan oleh rasa penasaran yang besar atau hasil latihan.
  2. Perasaan esctasi – serasa diluar realitas sehari-hari
  3. Jiwa terasa Jelas – mengetahui apa yang harus dilakukan dan berapa baik hal tiu sedang terjadi.
  4. mengetahui activitas tersebut bisa dilakukan – bahwa Kemampuan kita cukupm dan tidak gelisah atau bosan
  5. Rasa ketulusan – tidak takut tentang diri sendiri, perasaan bahwa kita berkembang melewati basas emosi – yang menghasilkan perasaan perubahan ego yang kita kira dulunya tidak mungkin
  6. Ketepatan waktu – sepenuhnya terfokus pada apa yang sedang terjadi sekarang, tidak sadar waktu berlalu
  7. Motivasi hakiki – siapapun yang menciptakan “flow” akan benjadi kabanggaan sendiri
Image
penjelasan tabel 1:
Ditabel pertama bisa dilihat bahwa flow bisa di dapatkan dengan ketingkatan kemampuan dan ketingakatan tantangan yang serasi, artinya kalau kemampuan tingi tapi tantangan ringan, orang akan menjadi bosan, atau kalau tantangan terlalu tinggi dan kemampuan rendah, orang akan merasa gelisah/cemas.
Image
Penjelasan :
  • Apathy(ketidak perdulian/peka):terjadi dengan kemampuan dan tantangan yang rendah
  • Boredom(bosan):terjadi sangat besar bila kemampuan menegah tapi tantangan mudah, tapi makin mengecil kalau tantangan mulai meningkat, dan hilang/berubah menjadi rangsangan(arousal) bila tantangannya tinggi. Yah kepanjangan kalau gua harus jelasin semuanya, tapi gua rasa 2 penjelasan diatas sudah cukup untuk membantu teman2 mengerti cara membaca tabel kedua. Kalau gak ngerti bahasa englishnya tinggal ke kamus.net
Moga ini bisa membantu kita untuk mendapatkan FLOW dalam PK training kita (flow dalam arti gerakan mengalir dan flow yang berupa posisi mental)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar